Minggu, 03 Mei 2009


Makanan Sehat Bagi Jiwa

Berdasarkan penelitian Dr. Jeffrey Leven dan Dr. David Larsen, seperti yang dilaporkan di Washington Times, 30 Juli 1996, membaca Alkitab secara teratur bu­­kan hanya baik bagi jiwa, tetapi juga baik ba­gi tubuh jasmani. Kedua ahli itu mela­ku­kan penelitian terhadap lebih dari 500 orang selama berbulan-bulan. Dite­mu­kan, bahwa mereka yang membaca Alkitab se­ca­ra teratur cenderung mem­pu­nyai tekan­an darah lebih rendah dan ting­kat depresi lebih rendah. Lebih sedikit men­derita pe­nya­­kit jantung, jarang yang ke­canduan obat maupun alkohol, jarang yang menga­lami per­pecahan dalam per­ka­winan, juga ting­kat kesehatannya jauh le­bih baik.

Bisa dipahami, sebab seumpama ma­­­­kan­an, Alkitab adalah makanan bergizi bagi jiwa. Dengan mem­baca Alkitab secara teratur, berarti kita memberi makanan bergizi kepada jiwa kita secara teratur pula. Sehingga jiwa kita pun akan sehat terjaga. Kondisi jiwa besar sekali pengaruhnya pada kondisi tubuh jasmani. Jiwa yang sehat akan mem­beri ketenangan pada hati dan pikiran. Selanjutnya hati dan pikiran yang tenang—bebas dari rasa gelisah, cemas, dan benci—a­kan membuat tubuh kita lebih rileks, jauh dari stres, dan lebih menikmati hidup. Sebaliknya, jiwa yang tidak sehat akan membuat hati dan pikiran kita tidak tenang, resah, galau, stres. Efeknya bisa merembet ke hal-hal lain; kesehatan tubuh, relasi kita dengan orang lain, keputusan-keputusan yang kita ambil, dan sebagainya.

Maka, baiklah kita menyediakan diri, meluangkan waktu, mem­bu­ka hati, di mana pun dan kapan pun, untuk secara teratur mem­ba­ca Alkitab

ALKITAB ADALAH SUMBER HIDUP SEHAT; BAIK ROHANI, MAUPUN JASMANI

Tidak ada komentar: